Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik dan kevalidan dari pengembangan video pembelajaran berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) pada Tema 5 untuk Kelas V Sekolah Dasar yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Develop. Implementation, dan Evaluation). Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket validasi media, validasi materi, respon guru, dan respon siswa. Karakteristik video pembelajaran yang telah dikembangkan sesuai dengan karakteristik media pembelajaran yaitu alat yang digunakan guru untuk menyampaikan informasi berupa materi pembelajaran kepada siswa. Video Pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti juga sesuai dengan tahap pembelajaran dengan pendekatan SETS karena terdapat tahap invitasi, eksplorasi, solusi, dan aplikasi. Hasil validasi media mendapatkan persentase nilai sebesar 95%. Hasil validasi materi mendapatkan persentase nilai 92,5%. Hasil validasi media dan materi termasuk dalam kategori “sangat layakâ€. Respon dari guru mendapatkan persentase nilai 92,3%. Respon siswa mendapatkan persentase nilai sebesar 96,67%. Respon dari siswa dan guru termasuk dalam kategori “sangat layakâ€. Dengan ini maka video pembelajaran berbasis SETS pada Tema 5 untuk Kelas V SD yang dikembangkan oleh peneliti valid dan layak digunakan dalam pembelajaran pada tema 5 di Kelas V.Kata Kunci: Video Pembelajaran, SETS, ADDIE
Copyrights © 2023