Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis augmented reality. Tahap pengembangan mengikuti model ADDIE dan terdiri dari tahapan berikut: analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah sebuah produk media pembelajaran berupa aplikasi yang dapat dijalankan pada perangkat smartphone Android. Fitur utama dari media pembelajaran ini adalah adanya teknologi augmented reality yang memungkinkan objek 3D virtual berbentuk kubus dan balok dapat ditampilkan langsung di perangkat pengguna. Angket hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan Analisa penilain skala likert sehingga diperoleh hasil sebagai berikut: Hasil uji coba terhadap validator ahli media dengan presentase skor 95% yang termasuk dalam kategori “Sangat Layakâ€. Sehingga media augmented reality ini mampu digunakan sebagai alternatif penggunaan media pembelajaran yang akan membantu guru dalam memahami materi matematika. Kemudian hasil uji coba lapangan menyatakan bahwa media augmented reality sudah sesuai dengan kriteria media pembelajaran yang baik dan dinyatakan praktis serta dapat diterima sehingga layak digunakan.
Copyrights © 2024