Latar belakang penelitian ini yaitu belum adanya pengembangan modul ajar IPAS berbasis pendekatan STEM materi gaya di sekitar untuk mewujudkan keterampilan proses sains fase B. Pada penelitian ini bertujuan untuk 1) Menghasilkan modul ajar yang menarik dan menyenangkan untuk mengingkatkan keterampilan proses sains. 2) Memvalidasi kelayakan modul ajar berbasis STEM materi Gaya di Sekitar untuk mewujudkan keterampilan proses fase B. 3) Mengetahui modul ajar berbasis STEM materi Gaya di Sekitar agar dapat memenuhi kriteria praktis dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa pengembangan atau biasa disebut RnD dan jenis penelitian yang digunakan merupakan model ADDIE. Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti diantaranya hasil perhitungan Indeks Aiken diketahui bahwa modul ajar yang telah dikembangkan pada komponen Modul Ajar, Materi, Bahasa, Augmented Reality, dan Media Kongkrit telah mengalami peningkatan setelah dilakukannya dua kali validasi. Hasil penelitian dari hasil perhitungan SPSS menunjukan modul ajar IPAS berbasis pendekatan STEM pada materi Gaya di Sekitar dapat mewujudkan keterampilan proses sains siswa fase B.Kata Kunci: Modul Ajar, STEM, IPAS, Gaya di Sekitar, Keterampilan Proses Sains.
Copyrights © 2024