Jurnal Cerdas Mendidik
Vol 2, No 2 (2023): Oktober 2023

IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIOVISUAL PADA TEMA CITA - CITAKU KELAS IV SDN WONOSARI 3

Mujadid, Hakim (Unknown)
Sukamto, Sukamto (Unknown)
Arisyanto, Prasena (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model project based learning berbantu media audiovisual terhadap hasil belajar siswa SDN Wonosari 3. Pada penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang“Implementasi Model Project Based Learning Berbantu Media Audiovisual Pada Tema Cita-Citaku Subtema Kelas IV SDN Wonosari 3” dapat disimpulkan bahwa dampak implementasi model project based learning berbantu media audiovisual berdampak pada nilai hasil belajar siswa. Dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa dalam kelas eksperimen yaitu dari jumlah 30 siswa yang mencapai tuntas belajar yaitu 28 siswa dengan nilai rata-rata 86,5. Sementara kelas control dari jumlah 31 siswa yang mencapai tuntas belajar yaitu 10 siswa dengan rata-rata 59,2. Sedangkan hasil analisis uji t dengan thitung = 7,894 dan ttabel = 1,678 maka thitung ttabel sehingga ho ditolak dan ha diterima. Sehingga dapat dilihat bahwa pembelajaran menggunakan model project based learning berbantu media audiovisual lebih baik dibandingkan dengan menggunkan model konvensional. Pembelajaran yang terfokus kepada guru akan membuat siswa menjadi bosan, dan kurang semangat. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya Model Project Based Learning berbantu Media Audiovisual digunakan sebagai salah satu alternative guru dalam melakukan pembelajaran.Kata Kunci: project based learning, audiovisual

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cm

Publisher

Subject

Education Other

Description

Cerdas Mendidik Journal is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic Education 3. ...