Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ice breaking terhadap minat belajar pada tema 1 subtema 1 SDN Harjosari Lor 05 Kabupaten Tegal. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Harjosari Lor 05 Kec. Adiwerna Kab. Tegal. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan analisis regresi, diperoleh hasil pemberian ice breaking terhadap minat belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar pada tema 1 subtema 1 kelas V SD Harjosari Lor 05Â Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Hasil perhitungan uji t diperoleh nilai mean atau rata rata kelas A sebagai kelas eksperimen 79,23 dan nilai mean kelas B sebagai kelas kontrol 71,75. Â Pada tabel Annova diperoleh hasil bahwa F hitung sebesar 5,488 sedangkan F tabel sebesar 4,35, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya Ada pengaruh pemberian ice breaking terhadap minat belajar siswa pada tema 1 subtema1.Kata Kunci: Ice Breaking, Minat Belajar
Copyrights © 2023