Jurnal Cerdas Mendidik
Vol 3, No 2 (2024)

ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 1 NGAWENSARI

Rahma, Tasya Aulia Nur (Unknown)
Sundari, Riris Setyo (Unknown)
Kiswoyo, Kiswoyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2024

Abstract

Latar belakang peneliti melakukan penelitian ini adalah masih terdapat peserta didik dengan rendahnya kualitas pembelajaran matematika. Guru menjadi peranan pentik dalam menentukan tinggi rendahnya kualitas pembelajaran, karena guru merupakan tombak dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran matematika pada kelas I SD Negeri 1 Ngawensari. Jenis penelitian ini masuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di SD Negeri 1 Ngawensari Kecamatan Ringinarum, Kabupaten Kendal. Fokus dalam penelitian ini “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Pada Siswa kelas I SD Negeri 1 Ngawensari”. Teknik pengumpuluan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi teknik pengumpulan data. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Dari segi perencanaan, guru telah mempersiapkan diri dan bahan ajar dengan baik. Hal ini terlihat dari kesiapan arsip perencanaan dan kesesuaian terhadap standar kompetensi dan kompetensi dasar 2) Proses belajar mengajar mendorong siswa untuk berpikir aktif, kreatif, dan kritis ketika mengerjakan soal dari materi yang telah disampaikan. Hal ini terlihat dari siswa yang berusaha menjawab pertanyaan dan tidak takut bertanya kepada gurunya 3) Evaluasi pembelajaran dilakukan setiap dua minggu sekali  4) terdapat faktor pendukung dan penghambat dari proses belajar matematika, salah satunya yaitu minat belajar matematika yang tinggi dan rendah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cm

Publisher

Subject

Education Other

Description

Cerdas Mendidik Journal is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic Education 3. ...