Penggunaan media yang inovatif dan menarik serta sesuai dengan pembelajaran yang diinginkan dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya keefektifan penggunaan media pembelajaran scrapbook terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SD Negeri 1 Getas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis metode eksperimen kuantitatif dan menggunakan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Populasi yang dijadikan objek penelitian adalah siswa kelas V tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan data berdasarkan pengamatan dan hasil belajar siswa. Setelah dilakukan analisis data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) keefektifan penggunaan media pembelajaran scrapbook (x) terhadap hasil belajar (y) siswa kelas V Negeri 1 Getas sangat signifikan. Dengan hasil penelitian kognitif mengalami peningkatan yaitu hasil pretest dan posttest mengalami perbedaan. Rata-rata pretest adalah 61,42, presentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 43%. Rata-rata posttest adalah 76, presentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 80%. Hal ini dapat dibuktikan dengan menggunakan hasil analis uji t yaitu thitung sebesar 11,4729 dan ttabel sebesar 2,05 dengan taraf 5%, sehingga nilai thitung ttabel yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima.Kata Kunci: Keefektifan, Media Scrapbook, Hasil Belajar
Copyrights © 2023