Jurnal Cerdas Mendidik
Vol 2, No 2 (2023): Oktober 2023

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS V SDN DEMPET 2 DEMAK

Safid, Safid (Unknown)
Sukamto, Sukamto (Unknown)
Untari, Mei Fita Asri (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA di SD Negeri Dempet 2 Demak melalui penerapan pembelajaran berbasis lingkungan. Penelitian melalui pembelajaran berbasis lingkungan menggunakan dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Dempet 2 Demak tahun 2021/2022 yang berjumlah 28 yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan serta guru kelas V. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh hasil pengamatan terhadap persentase aktivitas belajar siswa pada saat pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 71,69 % menjadi 82,41% pada siklus II. Demikian pula performans guru pada siklus I mencapai 23 dan meningkat menjadi 32 pada siklus II. Sedangkan persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 67,86 % dengan nilai rata-rata 73,57 dan pada sikus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 85,71% dengan nilai rata-rata 79,64. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pembelajaran berbasis lingkungan telah berhasil meningkatkan hasil belajar IPA di SD Negeri Dempet 2 Demak.Kata kunci: Hasil Belajar’;Pembelajaran Berbasis Lingkungan’; Sekolah Dasar’; Performans Guru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cm

Publisher

Subject

Education Other

Description

Cerdas Mendidik Journal is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic Education 3. ...