Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)
Vol 2, No 1 (2022)

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR POLA LANTAI PADA MUATAN PEMBELAJARAN SBdP TEMA 9 KELAS V SEKOLAH DASAR

ulyana, ulyana (Unknown)
Arisyanto, Prasena (Unknown)
Suyitno, Suyitno (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2022

Abstract

Pembelajaran SBdP pada materi pola lantai kelas V sekolah dasar merupakan pembelajaran yang berisikan tentang pola dasar yang digunakan seorang penari saat melakukan gerakan dengan perpindahan atau pergeseran posisi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar, menganalisis respon guru dan respon peserta didik dalam menggunakan bahan ajar materi pola lantai pada muatan pembelajaran SBdP Tema 9 Kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Reseach and Develpoment), dengan subjek penelitian yaitu guru SD N 1 Tawangharjo, SD N 4 Sumberagung, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, studi dokumentasi. Hasil penelitian berupa (1) dikembangkannya bahan ajar teori dan praktik berupa modul dan video pembelajaran pola lantai. (2) respon guru terhadap media dan materi sebesar 91,0% dan 90,9% yang di simpulkan sangat baik dan layak digunakan. (3) respon peserta didik terhadap bahan ajar sebesar 100% di simpulkan bahwa peserta didik sangat baik dan menarik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpd

Publisher

Subject

Education Other

Description

Literasi ( Jurnal Pendidikan Dasar) is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic ...