Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)
Vol 3, No 1 (2023)

KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI TRENGGULI 3 DEMAK

Setiyaningsih, Linda (Unknown)
Huda, Choirul (Unknown)
Cahyadi, Fajar (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2024

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini adalah salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar yaitu kurangnya media pembelajaran untuk menunjang pembelajaran matematika pada materi bangun ruang. Pemanfaatan teknologi dalam Pendidikan yaitu seperti penggunaan media pembelajaran menjadi semakin beragam dan interaktif, yang sedang marak saat ini adalah dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR). Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah media pembelajaran interaktif berbasis augmented reality efektif terhadap materi bangun ruang kelas V dan dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis augmented reality pada materi bangun ruang terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Trengguli 3 Demak. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah kelas V sampel yang diambil adalah 31 siswa kelas V. Metode pengumpulan data ini menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data penelitian menggunakan uji wilcoxon. Diperoleh bahwa rata-rata hasil pretest 48,7 dengan rata-rata hasil posttest 78,7, dengan n = 31. Diperoleh whitung sebesar 3.5 sedangkan wkritis dengan taraf signifikan 0,05 sebesar 163. Sehingga membuat Ha diterima, H0 ditolak, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis augmented reality pada materi bangun ruang efektif dan meningkatkan hasil hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Trengguli 3 Demak. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah Media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi bangun ruang dapat mempermudah siswa dalam memahami materi bangun ruang. Kata Kunci: Augmented Reality, Hasil Belajar Matematika

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpd

Publisher

Subject

Education Other

Description

Literasi ( Jurnal Pendidikan Dasar) is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic ...