Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)
Vol 4, No 2 (2024)

PENGEMBANGAN MEDIA ARTICULATE STORYLINE 3 BERBASIS STEM PADA MATERI IPA SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PUNDENREJO

Widiyanti, Luluk Intan (Unknown)
Huda, Choirul (Unknown)
Reffiane, Fine (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk dari pengembangan media pembelajaran yakni berupa media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 yang telah teruji kevalidannya. Pengembangan media pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Bord and Gall yang telah dimodifikasi dari Sugiyono (2016) yaitu: (1) Potensi dan masalah; (2) Pengumpulan data; (3) Desain produk; (4) Validasi desain; (5) Revisi desain; (6) Produk akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen validasi berupa lembar validasi. Penelitian ini divalidasi oleh Akademisi Universitas PGRI Semarang. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu teknik analisis deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh hasil kevalidan dengan pengembangan media pembelajaran interaktif sebesar 92% dan teruji kevalidannya pada media dan materi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, pengembangan media pembelajaran interaktif dengan media Articulate Storyline 3 berbasis STEM pada materi Sifat dan Perubahan Wujud Benda kelas IV SD Negeri Pundenrejo telah teruji kevalidannya dan dapat digunakan dengan baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpd

Publisher

Subject

Education Other

Description

Literasi ( Jurnal Pendidikan Dasar) is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic ...