Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)
Vol 3, No 2 (2023)

PENGEMBANGAN MEDIA PAKEBU (PAPAN KEANEKARAGAMAN BUDAYA) MATERI IPS KELAS IV SD 03 PENADARAN GUBUG

Septiana, Maria Dwi (Unknown)
Sundari, Riris Setyo (Unknown)
Saputra, Henry Januar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS, hal tersebut disebabkan kurangnya pembelajaran yang efektif dalam mengoptimalkan model pembelajaran.Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan media PAKEBU materi Keanekaragaman Budaya untuk kelas IV SD dan bagaimanakah kevalidan dan kepraktisan media PAKEBU sebagai media pembelajaran pada pelajaran IPS materi Keanekaragaman Budaya di SD. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media PAKEBU sebagai media pada pelajaran IPS materi Keanekaragaman Budaya pada siswa kelas IV SD dan mengetahui kevalidan dan kepraktisan media PAKEBU sebagai media pembelajaran pada pelajaran IPS materi Keanekaragaman Budaya kelas IV SD. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Penadaran 03 Gubug. Sampel yang diambil adalah 27 siswa kelas IV. Semua anggota digunakan sebagai sampel. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui pengisian angket, dokumentasi, observasi. Media pakebu mendapatkan nilai 94% dari ahli media Rofian, S.Pd., M.Pd, dan 95% dari ahli materi Khusnul Fajriyah, S.Pd., M.Pd. Hasil penelitian pemahaman siswa terhadap materi keanekaragaman budaya dengan menerapkan media pekebu memperoleh nilai 95%, respon guru SD N Penadaran 03 Gubug terhadap media pembelajaran pakebu mendapatkan nilai 97,5%. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat disimpulkan adalah supaya media pembelajaran pakebu dapat digunakan sebagai media belajar yang mampu membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran agar pembelajaran lebih bervariasi. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kongkrit, Papan Keanekaragaman Budaya

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpd

Publisher

Subject

Education Other

Description

Literasi ( Jurnal Pendidikan Dasar) is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic ...