Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)
Vol 4, No 1 (2024)

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT RESMI MELALUI METODE BIMBINGAN INTENSIF BAGI KELAS VI SEMESTER II DI SD NEGERI 01 PONOLAWEN KECAMATAN KESESI KABUPATEN PEKALONGAN

Sobirin, Sobirin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Keterampilan penulisan surat resmi oleh siswa yang lemah menjadi akibat atas waktu pembelajaran yang dialokasikan untuk menulis cenderung sedikit. Sehingga mengakibatkan kurang maksimalnya keterampilan menulis siswa. Dalam pembelajaran menulis siswa, pengetahuan dan pengalaman yang didapat masih kurang. Setelah jenjang sekolah berhasil ditamatkan, terdapat kekhawatiran siswa belum memiliki kemampuan terhadap penggunaan bahasa guna keterampilan menulis yang benar dan tepat. Pada pembelajaran menulis, siswa kurang mendapat pemahaman hakikat menulis, saat mendapat kesempatan menulis surat resmi, mutu tulisan cenderung tidak dipentingkan oleh siswa, termasuk bahasa yang digunakan akibat terlalu fokus pada sistematika penulisan surat resmi. Dari paparan tersebut peneliti ingin mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode bimbingan intensif pada kelas VI.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini  adalah siswa kelas VI SD Negeri 01 Ponolawen dengan jumlah 26 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui instrumen penelitian dengan menggunakan lembar soal dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik simpulan keterampilan guru dalam pembelajaran meningkat dilihat dari silklus I memperoleh 50 % dan dalam siklus II meningkat menjadi 87,5 % Dengan Metode Bimbingan Intensif dapat meningkatkan keterampilan Menulis surat Resmi pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VI SD Negeri 01 Ponolawen. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa dari pembelajaran siklus I dengan persentase ketuntasan belajar 73,62 % menjadi 92,29% pada persentase ketuntasan pembelajaran siklus II.Kata Kunci: Surat Resmi, menulis, keterampilan guru

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpd

Publisher

Subject

Education Other

Description

Literasi ( Jurnal Pendidikan Dasar) is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic ...