Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini adalah 1) penampilan siswa kurang rapi; 2) bertutur kata dan berperilaku kurang sopan terhadap guru; 3) kurang disiplin, misalnya berangkat sekolah dengan terlambat; 4) siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran; 5) Pembiasaan karakter belum ada di Sekolah. Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembentukan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka untuk meningkatkan pandidikan karakter siswa Sekolah Dasar Negeri Mokaha 01 Kabupaten Tegal dan bagaimana hasil pembentukan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di Sekolah Dasar Negeri Mokaha 01 Kabupaten Tegal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis kegiatan ekstrakurikuler pramuka untuk meningkatkan pendidikan karakter siswa Sekolah Dasar Negeri Mokaha 01 Kabupaten Tegal.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi dengan guru kelas V, guru kelas VI, pembina pramuka, dan kepala Sekolah Dasar Negeri Mokaha 01 Kabupaten Tegal.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Mokaha 01 Kabupaten Tegal yang berjumlah 29 siswa dan siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Mokaha 01 Kabupaten Tegal yang berjumlah 27 siswa, masih banyak siswa yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Proses pembentukan karakter pada siswa yang dilakukan oleh pembina pramuka yaitu dengan melakukan pembiasaan, pengarahan, permainan, penerapan PBB, penerapan Tri Satya, penerapan Dasa Dharma Pramuka, dan pemberian nasihat yang dilakukan secara berulang-ulang oleh pembina pramuka kepada siswanya. Hasil pembentukan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikiler pramuka di SD Negeri Mokaha 01 Kabupaten Tegal mengalami beberapa perubahan diantaran, siswa yang berangkat sekolah terlambat sekarang sudah mulai berangkat sekolah tepat waktu, siswa mulai berpakaian dengan rapi dan sesuai ketentuan, bertutur kata yang baik dan sopan, berkata jujur, membuang sampah pada tempatnya, berdoa sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran, mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab, mengerjakan tugas atau soal yang diberikan oleh guru dengan tanpa mencontek, membantu orang lain ketika sedang mengalami kesulitan atau kesusahan, dan meminta maaf kepada orang lain ketika melakukan kesalahan.Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat disampaikan adalah supaya kegiatan ekstrakurikuler pramuka selalu diadakan dan siswa diberikan motivasi serta dorongan agar selalui mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka, karena kegiatan ekstrakurikuler pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang dapat membentuk dan meningkatkan karakter pada siswa.
Copyrights © 2024