Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 4 No. 4 (2024): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2024 (4)

Pengembangan Buku Teks tentang Peradaban Transportasi Udara berbasis Project Based Learning untuk Menumbuhkan Karakter Kecerdasan Sosial Anak

Amelia, Sinta (Unknown)
Nugrahanta, Gregorius Ari (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2024

Abstract

Kecerdasan sosial dipahami sebagai kemampuan memahami perasaan dan membangun relasi, termasuk memahami ekspresi, mengelola emosi, menilai motif, serta menjalin hubungan sosial dan politik dengan bijaksana. Keprihatihan terhadap rendahnya karakter kecerdasan sosial terlihat pada perilaku anak yang tidak memiliki sopan santun, bullying, membangkang dan terlibat dalam tawuran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku teks peradaban karakter kecerdasan sosial tentang transportasi udara berbasis PjBL untuk anak kelas atas. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) model ADDIE. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu menggunakan teknik nontes dan tes. Teknik nontes dilakukan dengan memberikan kuesioner terbuka dan tertutup kepada guru untuk instrumen analisis kebutuhan. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif melalui IBM SPSS Statistic version 25 for windows. Pihak-pihak yang memberikan kontribusi dalam penelitian ini meliputi sepuluh guru yang sudah sertifikasi untuk analisis kebutuhan, sepuluh ahli yang memberikan evaluasi pada tahap validasi, serta delapan siswa kelas atas yang turut berpartisipasi dalam uji coba terbatas pada tahap implementasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) buku teks dikembangkan sesuai model ADDIE; 2) berdasarkan penilaian, buku teks memiliki kualitas yang dinilai sangat baik sehingga tidak membutuhkan revisi; 3) penerapan buku teks berdampak signifikan pada karakter kecerdasan sosial dengan efektifitas tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...