Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Problem Based Learning (PBL) di Kelas X MAS Al-Washliyah 67 Pematangsiantar. PBL adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa, yang mendorong mereka untuk memecahkan masalah nyata sebagai cara untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan kerja sama. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka kualitatif untuk mengumpulkan informasi relevan terkait efektivitas PBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL meningkatkan keterlibatan aktif siswa, kemampuan pemecahan masalah, serta kerja sama antar siswa. Namun, beberapa tantangan juga diidentifikasi, seperti keterbatasan keterampilan penelitian siswa, partisipasi yang tidak merata, dan sumber daya teknologi yang kurang memadai. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun PBL memiliki potensi, keberhasilannya sangat bergantung pada upaya mengatasi hambatan-hambatan tersebut serta dukungan yang memadai bagi guru dan siswa.
Copyrights © 2022