Pendidikan yang menyenangkan dan interaktif sangat penting dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa, terutama di tingkat sekolah dasar. Salah satu pendekatan yang efektif untuk mencapai tujuan ini adalah melalui metode belajar sambil bermain, yang mengintegrasikan elemen permainan dengan materi pembelajaran. Metode ini tidak hanya memfasilitasi pemahaman materi secara lebih menyenangkan, tetapi juga meningkatkan konsentrasi, keterampilan sosial, dan interaksi antar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan metode belajar sambil bermain dalam pembelajaran IPA dengan materi pengenalan anggota tubuh bagian luar pada siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah Learning by Game, di mana permainan "Dengarkan Apa yang Saya Katakan, dan Jangan Lihat Apa yang Saya Lakukan" diterapkan untuk mengenalkan anggota tubuh. Melalui permainan ini, siswa diajak untuk mengikuti instruksi dengan fokus pada pendengaran, sementara pengalihan perhatian dilakukan dengan jebakan gerakan yang tidak sesuai dengan instruksi. Partisipasi aktif siswa dalam permainan juga mendorong interaksi sosial yang lebih erat. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa 80% siswa berhasil memahami materi pengenalan anggota tubuh dengan benar dan menunjukkan peningkatan dalam konsentrasi dan fokus. Selain itu, permainan ini berhasil mempererat hubungan sosial antar siswa. Secara keseluruhan, metode belajar sambil bermain ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman materi dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif bagi siswa sekolah dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024