ECJ: Early Childhood Journal
Vol. 1 No. 1 (2020)

PENERAPAN PEMBELAJARAN SENTRA DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA DINI DI TK ISLAMIC CENTER SAMARINDA

Budi Rahardjo (Universitas Mulawarman)
Titi Dwi Jayanti (a:1:{s:5:"en_US"
s:22:"Universitas Mulawarman"
})

Malpaleni Satriana (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih mendalam suatu data primer dan sekunder tertentu yaitu: Penerapan Model Pembelajaran Sentra Dalam Pengembangan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia 5-6 tahun di TK Islamic Center Samarinda. Pengumpulan data di lakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan perencanaan yang dilakukan guru dalam penerapan model pembelajaran sentra dalam pengembangan kecerdasan Logika Matematika anak usia 5-6 tahun di TK Islamic Center Samarinda dilakukan dalam pembuatan RPPM dan RPPH, dengan pelaksanaan yang meliputi 4 pijakan yaitu pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan selama main, dan pijakan sesudah main semua sentra mengenalkan bentuk geometri pada kecerdasan logika matematika yang di kembangkan bisa teridentifikasi dari jenis main yang di tawarkan oleh pendidik. Hasil yang dicapai anak usia dini dari model pembelajaran sentra dalam pengembangan kecerdasan Logika Matematika pada anak usia 5-6 tahun di TK Islamic Center Samarinda yaitu Berkembang Sesuai Harapan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ecj

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Neuroscience Public Health Other

Description

Early Childhood Journal (ECJ): The Early Childhood and Parenting Studies Journal (e-ISSN 2723-2395/ecj) publishes research articles, conceptual articles, reports field studies, the best practices and policies of early childhood learning in national and international stage . The articles of this ...