cover
Contact Name
Fitri Anjarwati
Contact Email
fitrianjarwati@fkip.unmul.ac.id
Phone
+6285654239322
Journal Mail Official
ecj@fkip.unmul.ac.id
Editorial Address
Jl. Harmonika Kampus FKIP Pahlawan Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia 75123
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
ECJ: Early Childhood Journal
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : -     EISSN : 27232395     DOI : https://doi.org/10.30872/ecj
Early Childhood Journal (ECJ): The Early Childhood and Parenting Studies Journal (e-ISSN 2723-2395/ecj) publishes research articles, conceptual articles, reports field studies, the best practices and policies of early childhood learning in national and international stage . The articles of this journal are published every six months, that is on June and December (2 issues per year), 20 articles per year, and published by the Bachelor Degree Program of Teacher Early Childhood Education, Teacher Training and Education Faculty, Mulawarman University, Indonesia.
Articles 45 Documents
PENGARUH MEDIA AUDIO VISUALTERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK CENDRAWASIH SAMARINDA Masruhim, Muh. Amir; Elin; Palenewen, Evie
Early Childhood Journal Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru PAUD FKIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/ecj.v1i1.206

Abstract

Media audio visual merupakan media yang dapat menstimulus perkembangan kemampuan kognitif anak dengan anak mampu mengenal benda berdasarkan warna dan bentuk, menyebutkan benda berdasarkan warna dan bentuk, dan mengklasifikasikan benda berdasarkan warna dan bentuk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media audio berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak. penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimen jenis one group pretest-postest design. Populasi pada penelitian ini adalah 35 anak dengan sampel sebanyak 10 anak. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data uji statistik. Berdasarkan hasil perhitungan setelah diberi perlakuan meningkat hingga 45,1%, pada awal saat pretest perkembangan kognitif anak 40,18%, kemudian pada saat postest meningkat jadi 85,28%. Dari penjelasan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa media audio visual memberikan pengaruh terhadap perkembangan kognitif anak kelas B1 usia 5-6 Tahun di TK Cendrawasih Samarinda.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MONTASE USIA 5-6 TAHUN DI TK BARUNAWATI 3 SAMARINDA Anggawati, Setia; Sujiman, Sujiman; Rozie, Fachrul
Early Childhood Journal Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru PAUD FKIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/ecj.v1i1.207

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan dilapangan terhadap kemampuan motorik halus anak di TK. Barunawati 3 Samarinda masih rendah. Penelitian ini tindakan kelas (classroom action research) menggunakan penelitian kuantitatif dan kualitatif. bertujuan untuk perkembangan motorik halus anak dengan kegiatan montase. Hasil penelitian ini melalui 3 siklus, Penelitian dilakukan sebanyak tiga siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I, II, dan III menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan motorik halus anak setelah pemberian kegiatan montase. di TK. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan perolehan jumlah nilai pada siklus I yaitu 151 perolehan nilai rata-rata yaitu 38%. Pada siklus II yaitu 246,5% perolehan nilai rata-rata yaitu 62%. Pada siklus III yaitu 350,5% nilai rata-rata yaitu 88% dengan kriteria berkembang sangat baik. Berdasarkan data tersebut di atas, dapat disimpulkan kegiatan montase dapat meningkatan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK. Barunawati 3 samarinda.
PENERAPAN PEMBELAJARAN SENTRA DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA DINI DI TK ISLAMIC CENTER SAMARINDA Rahardjo, Budi; Jayanti, Titi Dwi; Satriana, Malpaleni
Early Childhood Journal Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru PAUD FKIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/ecj.v1i1.208

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih mendalam suatu data primer dan sekunder tertentu yaitu: Penerapan Model Pembelajaran Sentra Dalam Pengembangan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia 5-6 tahun di TK Islamic Center Samarinda. Pengumpulan data di lakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan perencanaan yang dilakukan guru dalam penerapan model pembelajaran sentra dalam pengembangan kecerdasan Logika Matematika anak usia 5-6 tahun di TK Islamic Center Samarinda dilakukan dalam pembuatan RPPM dan RPPH, dengan pelaksanaan yang meliputi 4 pijakan yaitu pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan selama main, dan pijakan sesudah main semua sentra mengenalkan bentuk geometri pada kecerdasan logika matematika yang di kembangkan bisa teridentifikasi dari jenis main yang di tawarkan oleh pendidik. Hasil yang dicapai anak usia dini dari model pembelajaran sentra dalam pengembangan kecerdasan Logika Matematika pada anak usia 5-6 tahun di TK Islamic Center Samarinda yaitu Berkembang Sesuai Harapan.
PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MENGENAL WARNA MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING DI TK RAHAYU SAMARINDA Haryani, Wiwik; Meliawati, Dita; Muslifar, Rury
Early Childhood Journal Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru PAUD FKIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/ecj.v1i1.209

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal berbagai warna dengan kegiatan finger painting di Anak Usia Dini. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilaksanakan pada III siklus 3 kali pertemuan setiap siklus maka dapat di simpulkan bahwa kegiatan finger painting pada siswa di TK Rahayu Samarinda mampu meningkatkan kemampuan mengenal warna melalui kegiatan finger painting. Tahap awal pra siklus berjumlah 35% pada siklus I pertemuan 1, 2, 3 dari hasil observasi anak dengan penilaian proses 39% dan penilaian hasil 39% pada siklus, siklus ke II pertemuan 1, 2, 3 pada penilaian proses 56% dan penilaian hasil 53%, siklus III pertemuan 1, 2, 3 penilaian proses 84% dan penilaian hasil 84%.
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-20 MELALUI PERMAINAN PUZZLE DI TK TUNAS MUDA KOTA BANGUN Sunarno; Indah Pitriani, Gina; Jafar, Farny Sutriany
Early Childhood Journal Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru PAUD FKIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/ecj.v1i1.210

Abstract

Untuk mengetahui peningkatkan kemampuan berhitung 1-20 melalui permainan puzzle di TK Tunas Muda Kota Bangun. Penelitian ini dilaksanakan di TK Tunas Muda Kota Banguan semester 2 tahun 2016/2017. Subjek dalam penelitian adalah anak di TK Tunas Muda Kota Bangun. Pelaksanaan pembelajaran adalah penelitian, Teknik pengumpulan data di lakukan melaui dokumentasi dan lembar observasi. Observasi di lakukan padasaat proses pembelajaran, penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III, setiap siklusnya sebanyak 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata yaitu 49,65% (Kurang), pada siklus II nilai rata-rata 61,45% (Cukup), pada siklus III niali rata-rata 77,08% (Baik). karean kriteria sudah baik dan nilai yang diperoleh adalah 70% sesuai target sehingga pada siklus III dikatakan berhasil. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berhitung melalui permainan puzzle di TK Tunas Muda mengalami peningkatan.
strategi guru dalam menangani interaksi sosial pada anak speech delay di kb mekar jaya puput, putri dwi nurdayanti; Badroeni
Early Childhood Journal Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru PAUD FKIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/ecj.v1i2.1336

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) karakteristik anak speech delay di KB Mekar Jaya; 2) faktor yang menyebabkan siswa di KB Mekar Jaya mengalami speech delay; dan 3) mengetahui strategi guru dalam menangani interaksi sosial anak speech delay di KB Mekar Jaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan model studi kasus. Subjek utama dalam penelitian ini adalah guru, orang tua, dan peserta didik KB Mekar Jaya yang mengalami speech delay. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Anak speech delay di KB Mekar Jaya memiliki empat karakteristik umum yaitu mengeluarkan kata-kata atau kalimat yang tidak biasa seperti anak- anak pada umumnya, belum bisa merangkai dua atau tiga kata, berbicara lebih lambat dari pada anak seumurannya, dan kesulitan dalam belajar mengeja, bahasa bahkan Matematika 2) Faktor yang menyebabkan siswa di KB Mekar Jaya dapat mengalami speech delay antara lain; adanya intensitas tinggi dalam menggunakan gawai untuk menonton video, memiliki kesukaan menonton televisi, pendiam, serta jarang diajak berbicara oleh orang tua. 3) Strategi guru dalam menangani interaksi sosial anak speech delay di KB Mekar Jaya antara lain; melakukan diskusi sederhana, rajin mengajak anak untuk berbicara tentang berbagai hal, menggunakan teknik bernyanyi saat menyampaikan pelajaran, mengajukan pertanyaan seputar diri atau kegiatanya, membacakan cerita untuk anak, serta melibatkan orang tua dari anak speech delay. Kata kunci: Speech Delay, Anak, Strategi Guru, Interaksi Sosial
Gangguan Slective Mutism pada Anak Usia Dini: Gangguan Selective Mutism pada Anak Usia Dini Erawati, Endah; Juherna, Erna
Early Childhood Journal Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru PAUD FKIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/ecj.v1i2.1453

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) karakteristik anak selective mutism di Desa Kalapagunung; 2) faktor penyebab anak selective mutism di Desa Kalpagunung; 3) cara penanganan selective mutism di Desa Kalpagunung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) karakteristik utama selective mutism pada SS adalah tidak adanya respon ketika berada di lingkungan luar rumah, aspek perkembangan berjalan sesuai dengan tahap perkembangannya hanya tidak bicara pada situasi sosial tertentu, tidak adanya kontak mata, anak menutup diri dari interaksi sosial, dapat berbicara secara bebas dengan orang-orang yang membuatnya nyaman dan dianggap aman, dan rasa cemas ketika berada di lingkungan baru; 2) Faktor yang menyebabkan SS mengalami gangguan selective mutism adalah akibat dari pola asuh orang tua yang dimana orang tua SS tidak mengenalkan lingkungan luar pada SS sehingga SS merasa takut dan cemas ketika berada di lingkungan luar rumah dan sifat pemalu yang berlebih yang dimiliki oleh SS; 3) Penanganan selective mutism dengan menggunakan tiga cara yaitu yang pertama contigency management dimana orang tua memberikan penguatan positif secara terus menerus pada SS; yang kedua self modeling dimana orang tua memperlihatkan rekaman video aktifitas SS pada SS setiap malam sebelum tidur; dan yang terakhir metode bermain dimana SS dibiarkan bermain sendiri dengan pengawasan orang tua dan bemain bersama peneliti dengan bermain melempar dan manangkap bola serta bermain tebak gambar.
Implementasi Keterampilan Bahasa Dalam Meningkatkan Konsep Diri Anak Usia Dini Annisa, Annisa Nurul Falaah
Early Childhood Journal Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru PAUD FKIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/ecj.v1i2.1473

Abstract

Language skills are children's skills that are used to pronounce sounds to express and convey thoughts and feelings. Language skills are a means to improve self-concept in children. This study aims to determine: 1) efforts to improve self-concept in early childhood at RA Zakiyyatul Athfal and 2) implementation of language skills in improving self-concept in early childhood at RA Zakiyyatul Athfal. This research is qualitative research with a descriptive approach. The main subjects in this study were teachers, parents, and students of RA Zakiyyatul Athfal. Data were collected through observation and interviews. The validity of the data is done by using source triangulation. The results showed that: 1) Efforts were made to improve the self-concept of early childhood at RA Zakiyyatul Athfal by implementing the 5M strategy or creating fun, motivating classes, creating an atmosphere of humor, giving awards, and calling students to perform. 2) The implementation of language skills in improving the self-concept of early childhood at RA Zakiyyatul Athfal is done by way of storytelling, singing, and learning to pronounce words.
Penanganan Speech Delay pada Abak Usia 6 Tahun menggunakan Metode Bercerita di TK Karya Muda Ciherang Kecamatan Kadugede Novianti, Popi; Juherna, Erna
Early Childhood Journal Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru PAUD FKIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/ecj.v1i2.1476

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) karakteristik anak speech delay di TK Karya Muda; 2) faktor yang menyebabkan siswa di TK Karya Muda dapat mengalami speech delay; dan 3) strategi guru dalam menangani speech delay menggunakan metode bercerita pada anak usia 5-6 tahun di TK Karya Muda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek utama dalam penelitian ini adalah guru, orang tua, dan peserta didik TK Karya Muda yang mengalami speech delay. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Anak speech delay di TK Karya Muda memiliki lima karakteristik umum yaitu tidak mampu mengucapkan sesuatu yang bermakna, tidak mampu menunjukkan reaksi saat bertemu orang lain, tidak mampu membuat kalimat, tidak mampu menirukan suara, dan kata yang diucapkan tidak dapat dipahami oleh orang lain. 2) Faktor yang menyebabkan siswa di TK Karya Muda dapat mengalami speech delay antara lain; adanya sifat pemalu dalam diri, tingginya intensitas penggunaan gawai, kurangnya orang tua dalam mengajak berbicara, tingginya intensitas menonton televisi dan menggunakan gawai, serta pendeknya lidah. 3) Penanganan speech delay menggunakan metode bercerita di TK Karya Muda dilakukan dengan beberapa media yaitu menggunakan boneka, menggunakan gambar digital untuk memperlihatkan gambar tumbuhan atau hewan yang ada di dalam cerita, menggunakan Youtube, dan guru meminta salah satu peserta didik untuk bercerita singkat. Cerita yang dibawakan oleh guru antara lain adalah cerita flora dan fauna.
PENERAPAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM PENGENALAN LITERASI AWAL DI MASA PANDEMI COVID-19 Haryani, Wiwik; Rozie, Fachrul; Saelawati, Nurus
Early Childhood Journal Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru PAUD FKIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/ecj.v1i2.1844

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pola asuh orang tua dalam pengenalan literasi awal anak usia pada anak usia 5-6 Tahun Pada Masa Pandemi Covid 19 di RT 57 Kelurahan Air Putih Samarinda. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara langsung dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1 ) Pola asuh yang diterapkan oleh orangtua ialah pola asuh otoritatif dimana anak diberi kebebasan dalam belajar, orangtua hanya memberikan dorongan motivasi dan arahan yang sesuai. Pola asuh otoritatif mendorong anak untuk mandiri namun masih menerapkan batas dan kendali pada tindakan mereka. Tindakan verbal memberi dan menerima dimungkinkan, dan orang tua bersikap hangat dan penyayang terhadap anak, 2) hambatan yang dihadapi orangtua yaitu ketika anak mulai merasa bosan. Anak merasa kesulitan untuk mengontrol emosi, sehingga dalam melatih membaca dan menulis (literasi) orangtua harus memperhatikan emosi terlebih dahulu. Implikasi penelitian ini sebagai kajian untuk orangtua dalam memahami pengasuhan yang mendukung kemampuan literasi awal anak di rumah. Kata Kunci: Pola Asuh, Literasi Awal, Anak Usia 5-6 Tahun