Abstrak: Peningkatkan pemahaman dan keterampilan menyusun dan menerapkan modul ajar literasi numerasi berdiferensiasi sangat penting karena sesuai Kurikulum Merdeka, menciptakan pembelajaran efektif, memenuhi kebutuhan beragam murid dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hasil belajar. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru SD di gugus seruni IV kabupaten pringsewu dalam mengelola pembelajaran literasi numerasi berdiferensiasi melalui pembuatan modul ajar. Metode yang digunakan adalah sosialisasi, workshop, pendampingan dan simulasi. Mitra pada pengabdian ini adalah guru SD yang tergabung dalam gugus seruni IV Kabupaten Pringsewu yang berjumlah 32 orang. Evaluasi dilakukan dengan cara membagikan instrument pretest dan posttest dengan jumlah soal yang sama yaitu 15 soal serta observasi. Hasil yang dicapai pada kegiatan pengabdian ini adalah pengetahuan dan keterampilan guru SD gugus seruni IV meningkat sebesar 10,54%; guru mampu membuat dan mengimplemntasikan modul ajar pada pembelajaran literasi numerasi; guru mampu mengelola kelas dengan baik; guru mampu mengimplementasikannya pembelajaran literasi numerasi berdiferensiasi dikelas.Abstract: Improving understanding and skills in compiling and implementing differentiated numeracy literacy teaching modules is very important because it complies with the Merdeka Curriculum, creates effective learning, meets the needs of diverse students and contributes to improving the quality of learning outcomes. The purpose of this community service activity is to increase the knowledge and skills of elementary school teachers in seruni cluster IV pringsewu district in managing differentiated numeracy literacy learning through making teaching modules. The methods used are socialization, workshops, mentoring and simulation. Partners in this service are elementary school teachers who are members of the seruni cluster IV Pringsewu Regency, totaling 32 people. The evaluation was carried out by distributing pretest and posttest instruments with the same number of questions, namely 15 questions and observation. The results achieved in this service activity are the knowledge and skills of elementary school teachers of seruni cluster IV increased by 10.54%; teachers are able to create and implement teaching modules on numeracy literacy learning; teachers are able to manage the class well; teachers are able to implement differentiated numeracy literacy learning in the classroom.
Copyrights © 2024