JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri)
Vol 8, No 3 (2024): Juni

PELATIHAN LEADERSHIP PROJECT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN ORASI, PIDATO DAN DEBAT

I Putu Yoga Bumi Pradana (Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Universitas Nusa Cendana)
Nadia Sasmita Wijayanti (Program Studi Manajemen, Universitas Nusa Cendana)
Made Ngurah Demi Andayana (Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2024

Abstract

Abstrak: Kepemimpinan merupakan salah satu kompetensi penting yang harus dikuasai oleh setiap individu. Oleh sebab itu Permendikbudristek No. 56/M/2022 memuat kegiatan kurikulum berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan pemahaman karakter peserta didik. Mahasiswa dirancang untuk dapat bersaing di dunia kerja sehingga membutuhkan karakter kepemimpinan yang kuat. Kepercayaan diri dan komunikasi merupakan unsur penting dalam kepemimpinan. Kegiatan ini merupakanTujuan kegiatan Leadership Project melalui adalah memberikan pelatihan orasi, pidato, dan debat. Kegiatan ini berlangsung selama 6 hari dengan metode hybrid learning. Metode yang digunakan menggunakan ceramah, diskusi, drill method, dan lomba sebagai evaluasi. Sasaran kegiatan ini merupakan mahasiswa Semester I dan III kemudian diikuti oleh 30 mahasiswa. Sistem evaluasi yang digunakan dalam kegiatan ini adalah survey pemahaman partisipan atas materi dan praktek yang diberikan selama kegiatan berlangsung. Hasil evaluasi awal atas survey pemahaman mahasiswa mengungkapkan adanya peningkatan pemahaman mengenai kepemimpinan sebesar 98%, kemudian peningkatan pengetahuan mengenai orasi, pidato dan debat sebesar 95%, mahasiswa juga mengalami peningkatan ketrampilan berkomunikasi sebesar 92%, dan meningkatkan kepercayaan diri sebsar 93%. Sementara hasil evaluasi akhir. Hasil evaluasi menunjukkan 95% mahasiswa mengalami peningkatan dalam ketrampilan orasi, pidato, dan debat. Abstract: Leadership is a crucial competency that every individual must master. Hence, Permendikbudristek No. 56/M/2022 includes a curriculum of project-based activities designed to strengthen the achievement of competencies and understanding of students' character traits. Students are prepared to compete in the job market and thus require strong leadership characteristics. Self-confidence and communication are essential elements of leadership. The Eqolium Leadership Project aims to provide training in oratory, public speaking, and debate. This activity takes place over six days using a hybrid learning method. The methods employed include lectures, discussions, the drill method, and competitions for evaluation. The target participants are first and third-semester students, with a total of 30 students participating. The evaluation system used in this activity is a survey assessing the participants' understanding of the material and practices provided during the event. Initial evaluation results from the survey on students' understanding revealed a 98% improvement in leadership knowledge, a 95% increase in knowledge about oratory, public speaking, and debate, a 92% improvement in communication skills, and a 93% increase in self-confidence. Meanwhile, the final evaluation results show that 95% of students improved their skills in oratory, public speaking, and debate.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jmm

Publisher

Subject

Other

Description

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) is a journal published by the Mathematics Education Departement of Education Faculty of Muhammadiyah University of Mataram. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) aims to disseminate the results of conceptual thinking and ideas, especially the results of educational research ...