Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 4 (2023): Journal on Teacher Education

Analisis Pola Asuh Orang Tua Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa Kelas V

Adinda Dwi Sekartaji (Universitas PGRI Semarang)
Veryliana Purnamasari (Universitas PGRI Semarang)
Lina Putriyanti (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Perbedaan latar belakang orang tua membuat pola pengasuhan yang terjadi pada setiap anak berbeda. Waktu belajar di sekolah lebih sedikit dari pada waktu anak bersama orang tua, sehingga peran orang tua sangat penting bagi tumbuh kembang serta peningkatan kemampuan kognitif yang berkaitan dengan hasil belajarnya. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pola asuh orang tua ditinjau dari hasil belajar siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa, orang tua, dan guru kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh demokratis lebih banyak diterapkan oleh orang tua kelas V dengan jumlah 20 siswa, sedangkan pola asuh kedua yang banyak diterapkan oleh orang tua adalah pola asuh otoriter dengan jumlah 8 siswa, untuk pola asuh permisif diterapkan oleh orang tua dengan jumlah 6 siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...