Masih banyak nya peserta didik mengalami kesulitan membuat pemodelan matematika dan memahami konsep pemodelan di tingkat SMP membuat perlunya dikembangkan model pembelajaran yang dapat membantu dan membuat peserta didik memahami pola dan konsep untuk menyusun dan menyelesaiakannya. Materi PLDV merupakan salah satu materi dalam pembelajaran matematika yang menerapkan konsep pemodelan agar lebih mudah bagi peserta didik dalam menyelesaikan solusi nya. Materi PLDV dianggap sulit oleh peserta didik karena selain perlu menggabarkan permasalahannya ke dalam model matematika dengan menggunakan penyelesaian persamaan mereka juga perlu membuat pola penyelesaian dengan berbagai cara. Banyaknya peserta didik kesulitan bahkan salah dalam menggunakan aturan seperti pada konsep eliminasi dan substitusi. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, maka dikembangkan media pembelajaran untuk membantu pemahaman matematika peserta didik. Penelitian pengembangan media pembelajaran PLDV ini berlangsung di salah satu SMP Swasta di Jakarta. Metode dalam penelitian ini mengusung metode R&D. Dari penelitian diketahui bahwa : (1) ahli pendidikan memberikan penilaian baik dengan rata-rata penilaian sebesar 72,86 % (2) ahli multimedia memberikan penilaian baik dengan rata-rata penilaian sebesar 72% (3) ahli matematika memberikan penilaian baik dengan rata-rata penilaian sebesar 75% (4) uji skala terbatas yang dilakukan memperoleh hasil akhir sebesar 81 % berada pada kategori sangat baik.Kata Kunci: Media Interaktif, PLDV, Pemodelan Matematik
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022