Penelitian ini mengobservasi tentang kurangnya media pembelajaran yang menarik dan edukatif untuk memperkenalkan ikon-ikon kota di Indonesia. Seiring dengan pertumbuhan zaman, saat ini terdapat banyak metode pembelajaran yang memanfaatkan kemajuan teknologi dalam penerapannya, salah satunya adalah teknologi Augmented Reality. Augmented Reality merupakan teknologi yang menyatukan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu emproyeksikannya secara real time. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang aplikasi pengenalan ikon kota di Indonesia dengan menerapkan teknologi Augmented Reality. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D (Research and Development) yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji ke efektifan produk tersebut. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan, yaitu dengan menghimpun informasi relevan dari sumber skripsi, jurnal ilmiah, dan internet. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan mengenai ikn-ikon kota yang ada di Indonesia serta memberi pengalaman pengguna tentang teknologi Augmented Reality.
Copyrights © 2021