Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola saluran pemasaran, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran jamur tiram pada PT. Timur Mushroom Farm di Desa Kuajang Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis saluran pemasaran, analisis margin pemasaran, dan analisis efisiensi pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada dua pola saluran pemasaran jamur tiram pada PT. Timur Mushroom Farm yang dimana saluran pemasaran pertama dari pelaku usaha langsung ke konsumen akhir, dan pola saluran pemasaran kedua yaitu dari petani ke pedagang pengecer kemudian ke konsumen akhir. Margin pemasaran pada saluran pemasaran pertama sebesar Rp0,-, sedangkan pada saluran pemasaran kedua sebesar Rp5.000,-. Nilai efisiensi pemasaran pada saluran pemasaran I sebesar 2,85% dan saluran pemasaran II sebesar 4,85%, dikatakan efisien karena <33%.
Copyrights © 2024