Jurnal Janata
Vol 4 No 1 (2024): Jurnal Janata

PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK PENGUATAN TEACHING FACTORY (SMK NU BODEH, PEMALANG)

Prima Jiwa Osly (Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Pancasila)
Wita Meutia (Universitas Pancasila)
Nia Rachmawati (Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Pancasila)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

SMK Nu Bodeh bersiap dalam menciptakan lulusan SMK terampil yang siap bersaing di dunia industri. Metode Project-based Learning (PjBL) dan konsep teaching factory telah diidentifikasi sebagai pendekatan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan kejuruan. Namun, implementasi kedua pendekatan ini di SMK masih menghadapi berbagai tantangan, salah satunya adalah kurangnya pemahaman dan keterampilan guru dalam mengaplikasikan PjBL dan teaching factory. Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan kepada guru SMK mengenai PjBL untuk memperkuat teaching factory. Hasil diskusi dalam penyuluhan menunjukkan bahwa penyuluhan memberikan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan guru terkait PjBL dan teaching factory. Selain itu, penyuluhan juga meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri guru SMK Nu Bodeh dalam menerapkan metode pembelajaran ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JANATA

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Environmental Science Materials Science & Nanotechnology Transportation

Description

Jurnal Janata is a journal manged by Departement of Civil Engineering Universitas Pancasila. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts and publishes scientific articles focused on community service. The theme of the articles included in the ...