Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 9 No 2 (2017): Juli 2017

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MATA PELAJARAN PKn DENGAN MATERI SISTEM POLITIK PADA SISWA KELAS X SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017 DI SMK ISLAM SELOREJO KABUPATEN BLITAR

Baihaqi, Muhammad Iqbal (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran PKn dan Untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbasis masalah Problem Based Learning pada mata pelajaran PKn Siswa Kelas X Semester 2 Tahun Pelajaran2016/2017 diSMK Islam Selorejo Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil analisis data setelah penelitian tersebut menunjukan peningkatan yang signifikan pada siklus I yaitu 70% dan siklus II yaitu 87,06%, penilaian tes yang meliputi Kemampuan Awal Siswa yaitu rata-rata 64% dengan ketuntasan 33%, siklus I nilai rata-rata 73% dengan ketuntasan 55% dan siklus II rata-rata 86% dengan ketuntasan 90% hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PKn kelas X Semester 2 Tahun Pelajaran2016/2017 di SMK Islam Selorejo Blitar.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

konstruktivisme

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran publishes the original papers of research articles or reviews discussing the issues of primary to higher education in the fields of: Language and language education Social and humanities education Science education Education issues and policy ...