Tujuan penelitian meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran IPA SMP kelas IX. Penelitian dilakukan pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan 2 siklus, dan setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek penelitian 32 peserta didik kelas IX.D UPT SMP Negeri 1 Kademangan. Metode analisis data menggunakan deskriptif dengan alat pengumpulan data lembar observasi aktivitas belajar peserta didik dan hasil ulangan belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dari kondisi awal 14 (43,75%) peserta didik yang tuntas menjadi 22 peserta didik (68,75%) di siklus pertama, dan 31 (96,87%) peserta didik di siklus kedua, hal tersebut didukung dengan peningkatan. Hasil belajar pada kondisi awal 14 (43,75%) peserta didik tuntas, naik menjadi 20 peserta didik (62,50%) tuntas peserta didik di siklus pertama. Siklus kedua hasil belajar naik menjadidan dan 30 peserta didik (93,75%) tuntas di siklus kedua. peserta didik dan dinyatakan tuntas. Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk mata pelajaran IPA Kelas IX.D UPT SMP Negeri 1 Kademangan Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2023