Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 16 No 1 (2024): Januari 2024

Evaluasi Perilaku Belajar Mahasiswa: Analisis Pengaruh Perilaku Phubbing terhadap Prokrastinasi Akademik

Syifa, Abdullah (Unknown)
Nugraha, Wira (Unknown)
Yudistira, Raden Tirta (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk membuktikan pengaruh perilaku phubbing terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa. Jenis dari penelitian ini yakni expost facto, dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subjek dari penelitian ini yakni mahasiswa pada Program Studi Psikologi Islam. Jumlah sampelnya sebanyak 103 mahasiswa dan dipilih dengan teknik purposive sampling. Data terkumpul melalui dua alat ukur yakni, Phubbing Scale yang disusun oleh Karadag (2015) dan Procrastination Assesment Scale-Student (PASS) yang disusun oleh Solomon dan Rothblum (1984). Data penelitian dianalisis melalui uji regresi linier sederhana. Penelitian ini memiliki hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan perilaku phubbing terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa (sig<0,05). Nilai koefisien besaran pengaruhnya adalah 0,36 dan nilai koefisien determinasinya sebesar 13,22%. Hasil tersebut merekomendasikan pada mahasiswa agar lebih bijak dalam menggunakan smartphone. Aktivitas pembelajaran seharusnya sudah mulai didesain penggunaan smartphone sebagai medianya dengan peraturan dan ketentuan penggunaanya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

konstruktivisme

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran publishes the original papers of research articles or reviews discussing the issues of primary to higher education in the fields of: Language and language education Social and humanities education Science education Education issues and policy ...