Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 16 No 2 (2024): Juli 2024

Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Brainstorming terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Galuh Dwi Ardyanti (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FPIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Vanda Rezania (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FPIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Problem Based Learning berbantuan Brainstorming terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Perolehan data dilakukan dengan pemberian pretest dan postest. Adapun pengujian data yang dilakukan menggunakan SPSS dan dilakukannya uji independent t-test. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Yaa Bunayya bahwasanya model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan brainstorming tidak memberikan pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis pada siswa. Hal ini dikarenakan banyaknya siswa yang belum memahami akan alur pembelajaran dengan penerapan model tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

konstruktivisme

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran publishes the original papers of research articles or reviews discussing the issues of primary to higher education in the fields of: Language and language education Social and humanities education Science education Education issues and policy ...