Keberhasilan pendidikan dapat dilihat dari prestasi belajar yang telah dicapai. Dalam proses belajar, kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosi saling melengkapi. Itu sebabnya kecerdasan intelektual (IQ) bukan merupakan satu-satunya faktor yang menentukan keberhasilan seseorang. IQ hanya menyumbang 20% bagi kesuksesan, sedangkan 80% adalah sumbangan faktor lain, diantaranya adalah kecerdasan emosional (EQ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mahasiswa D-III Kebidanan STIKes Prima Nusantara tahun 2013. Jenis penelitian ini adalah korelasional yang bersifat ex post facto. Populasi penelitian ini sebanyak 129 mahasiswa. Sampel yang diambil sebanyak 57 mahasiswa dengan metode Simple Random Sampling. Kriteria sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa tingkat I yang masih terdaftar serta bersedia menjadi responden. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala kecerdasan emosi dan arsip daftar nilai Indeks Prestasi semester II mahasiswa D-III Kebidanan STIKes Prima Nusantara tahun ajaran 2012/2013. Analisis data menggunakan teknik analisis korelasi pearson product moment. Berdasarkan perhitungan analisis pearson product moment, diperoleh hasil signifikansi (p) sebesar 0,042
Copyrights © 2016