Menulis huruf hijaiyyah adalah langkah awal untuk menulis dalam bahasa Arab. Pembelajaran bahasa Arab khususnya pada keterampilan menulis (kitabah) pada anak-anak usia dini baik materi, metode, strategi dan yang lainnya tidak bisa disamakan dengan pengajaran terhadap orang dewasa melainkan disesuaikan dengan psikologi anak didik. Penelitian ini berusaha menganalisa buku ajar menulis huruf hijaiyyah untuk anak usia dini yang berkaitan dengan keterampilan menulis. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka yang menggunakan data kualitatif dengan menganalisa bahan ajar. Adapun hasil pembelajaran menulis huruf hijaiyyah untuk pengembangan maharah kitabah dalam bahan ajar anak usia dini mencakup beberapa hal yaitu membariskan huruf, mencontoh huruf, menyambungkan huruf dan menulis huruf dengan menentukan topik huruf hijaiyyah, memilih dan mengenalkan huruf hijaiyyah, mencontohkan cara menulis serta menyambungkan huruf hijaiyyah sesuai pemilihan huruf hijaiyyah yang dirumuskan dalam bahan ajar. Penulisan huruf hijaiyyah ini sesuai dengan kelengkapan kemampuan maharah kitabah dalam bahan ajar.
Copyrights © 2021