TILA (Tarbiyah Islamiyah Lil Athfaal)
Vol. 1 No. 2 (2021): Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Analisa Buku Ajar untuk Pengembangan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Anak Usia Dini: Textbook Analysis for the Development of Early Childhood Arabic Writing Skills

Rahman, Aulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2022

Abstract

Menulis huruf hijaiyyah adalah langkah awal untuk menulis dalam bahasa Arab. Pembelajaran bahasa Arab khususnya pada keterampilan menulis (kitabah) pada anak-anak usia dini baik materi, metode, strategi dan yang lainnya tidak bisa disamakan dengan pengajaran terhadap orang dewasa melainkan disesuaikan dengan psikologi anak didik. Penelitian ini berusaha menganalisa buku ajar menulis huruf hijaiyyah untuk anak usia dini yang berkaitan dengan keterampilan menulis. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka yang menggunakan data kualitatif dengan menganalisa bahan ajar. Adapun hasil pembelajaran menulis huruf hijaiyyah untuk pengembangan maharah kitabah dalam bahan ajar anak usia dini mencakup beberapa hal yaitu membariskan huruf, mencontoh huruf, menyambungkan huruf dan menulis huruf dengan menentukan topik huruf hijaiyyah, memilih dan mengenalkan huruf hijaiyyah, mencontohkan cara menulis serta menyambungkan huruf hijaiyyah sesuai pemilihan huruf hijaiyyah yang dirumuskan dalam bahan ajar. Penulisan huruf hijaiyyah ini sesuai dengan kelengkapan kemampuan maharah kitabah dalam bahan ajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tila

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal TILA ( Tarbiyah Islamiyah Lil Athfaal ) adalah jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini merupakan wadah ilmiah yang bertujuan untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan, penelitian, dan praktik pendidikan Islam khususnya bagi anak usia dini. Jurnal ini hadir untuk menyebarluaskan gagasan, ...