Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan buku ajar Media Pembelajaran dan TI serta mengetahui tingkat kelayakan dari buku ajar tersebut. Menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D yang mencakup 4 tahap pengembangan yakni define, design, develop, dan disseminate. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya wawancara, observasi, dan kuesioner, dengan penggunaan instrumen validasi ahli media dan ahli materi serta melibatkan 30 orang mahasiswa. Hasil penelitian yang dilakukan adalah: (1) hasil uji kelayakan media (desain) memperoleh skor 80,5 dengan hasil persentase 95,8% dan berada pada kategori “sangat layak”, (2) hasil uji kelayakan materi (konten) memperoleh skor 75 dengan hasil persentase 92,6% dan berada pada kategori “sangat layak”, (3) tanggapan dari mahasiswa memperoleh skor 71 dengan hasil persentase 88,8% dan berada pada kategori “sangat baik”.
Copyrights © 2024