Memperoleh pendidikan merupakan hak bagi semua orang. Saat ini kesenjangan pendidikan masih banyak terjadi dimana-mana, teruatama pendidikan pada anak yang berkebutuhan khusus. Permasalahan yang terjadi pada pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus terjadi karena adanya peningkatan tekanan oleh lingkungan sosial. Hal ini muncul karena adanya pandangan oleh masyarakat bahwa anak yang berkebutuhan khusus sebagai kaum yang tidak memiliki kemampuan karena terdapat keterbatasan secara fisik dan mental. Oleh sebab itu, dalam hal ini akan dilakukan penelitian mengenai esensialisasi pendidikan inklusif terhadap anak berkebutuhan khusus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kajian pustaka (library research) dengan menghimpun informasi berdasarkan sumber-sumber referensi dalam bentuk tertulis yang terkait dengan judul penelitian. Dari penilitian ini dapat disimpulkan bahwa ada beberapa esensialisasi pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus yaitu dapat memberikan hak pendidikan yang sama, dapat memberikan perlindungan kepada setiap anak, anak dapat memperoleh hasil pendidikan baik, dapat menangani semua layanan pendidikan, dapat mengembangkan potensi anak dan mempersiapkan anak di masyarakat serta dapat menumbuhkan rasa tanggungjawab, pemahaman diri dan jiwa kebertemanan yang baik.
Copyrights © 2024