Pengembangan dan pelaksanaan pembelajaran ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan model pembelajaran Problem based learning (PBL) pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar yaitu dengan meninjau pencapaian tujuan pembelajaran. Prosedur pelaksanaan awal pembelajaran mengembangkan dimensi profil pelajar pancasila terintegrasi IT, kegiatan inti pembelajaran melibatkan budaya-kearifan lokal setempat mengikuti sintaks PBL terpadu dengan strategi TPACK serta diskusi kelompok heterogen berdasarkan gender dan asasmen awal, sedangkan kegiatan akhir memuat prosesi penutup pembelajaran lengkap dengan evaluasi sumatif-formatif pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Pembelajaran ini dilaksanakan di SD Negeri Cirewed Kabupaten Tangerang Banten pada Rabu 16 Oktober 2024. Hasil tes sumatif menunjukkan perolehan rata-rata nilai matematika dari 24 peserta didik di kelas IV sebesar 91, perolehan tersebut berada di atas KKTP yang telah ditetapkan yaitu 70. Hal lain ditunjukkan oleh tercapainya dimensi profil pelajar pancasila pada aspek afektif dan psikomotor. Hasil asesmen formatif pada ranah afektif dan psikomotor menunjukan perolehan nilai tinggi yang memberi penjelasan bahwa tujuan pembelajaran aspek afektif-psikomotor tercapai dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2024