Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Google Lens dalam identifikasi spesies tumbuhan terhadap hasil belajar IPA pada siswa SMP Negeri 11 Maros Baru. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Pretest posttest control desain group. Pengambilan sampel dengan teknik random sampling, yaitu siswa VII B sebagai kelas kontrol dan VII C sebagai kelas eksperimen. Pada pembelajaran Klasifikasi Makhluk hidup, kelas eksperimen diajar menggunakan media Google Lens, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 nomor yang telah divalidasi. Teknik analisis data menggunakan uji Shapiro wilk untuk normalitas. Selanjutnya untuk uji hipotesis menggunakan Mann Whitney U, berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai Asympt. Sig 2-tailed < α. Sehingga disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan media Google Lens terhadap hasil belajar IPA pada siswa SMP Negeri 11 Maros Baru.
Copyrights © 2024