SMP Islam Nurul Fikri Boarding School (NFBS) Serang, Banten merupakan salah satu sekolah unggulan yang dinilai berhasil melakukan pengembangan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengembangan kurikulum di SMP Islam NFBS Serang, Banten. Metode yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian ini, ditemukan bahwa pengembangan kurikulum di sekolah ini berusaha menggabungkan antara kurikulum nasional, kurikulum keislaman, dan kurikulum karakter. Dalam memadukan tiga jenis kurikulum tersebut, sekolah ini lebih memfokuskan pada pendidikan karakter islami sebagai bentuk rekontruksi sosial, tentunya tanpa mengabaikan aspek pendidikan lainnya. Pengembangan kurikulum di SMP Islam NFBS Serang, Banten telah memiliki tujuan pendidikan, pengalaman belajar, pengorganisasian pengalaman belajar, dan metode evaluasi yang tepat sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan kurikulum di sekolah ini telah memenuhi teori pengembangan kurikulum Ralph Tyler.
Copyrights © 2024