Jurnal Ilmu Pendidikan dan Bahasa
Vol 2 No 2 (2024): Mandalika Jurnal Ilmu Pendidikan dan Bahasa

KORELASI PEMAHAMAN SISWA TENTANG MATERI ETIKA PERGAULAN DALAM ISLAM PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP PENERAPAN ADAB BERGAUL KEPADA TEMAN SEBAYA

Pratama, Muhammad Surya (Unknown)
Risnawati, Risnawati (Unknown)
Rizqa, Miftahir (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan pemahaman siswa terhadap materi Etika Sosial dalam Islam pada mata kuliah Akidah Akhlak dengan penerapan etika sosial pada teman sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 364 siswa. Teknik purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu, digunakan dalam penelitian ini karena materi Etika Sosial dalam Islam hanya tersedia di kelas XII. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi serial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi serial sebesar 0,417 lebih besar dari rtabel pada taraf signifikansi 5% dan 1%, yaitu 0,266<0,417>0,345. Dengan demikian, Ha diterima, artinya terdapat korelasi yang signifikan antara pemahaman materi Etika Sosial Islam siswa terhadap penerapan etika sosial pada teman sebaya dengan derajat korelasi sedang, dan sumbangan pemahaman materi Etika Sosial Islam siswa terhadap penerapan etika sosial pada teman sebaya sebesar 17,39%, sedangkan sisanya 82,61% merupakan korelasi variabel lain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipb

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Other

Description

Mandalika: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Bahasa is an international journal founded by Mandalika Institute. Mandalika is an open access, double peer-reviewed electronic journal that aims to offer an international scholarly platform for national and cross-border education research in government ...