Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 1 No. 2 (2019): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Peningkatan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar IPA Biologi Peserta Didik Kelas Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing VIIIa-1 SMP Negeri 1 Rantepao

Vatmawati Suwarni Malino (Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rantepao, Toraja Utara, Sulawesi Selatan)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar, motivasi belajar dan hasil belajar IPA Biologi peserta didik kelas VIIIA-1 SMP Negeri 1 Rantepao melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIIA-1 dengan jumlah peserta didik 32 orang. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018, bulan Januari sampai bulan April 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas belajar IPA Biologi peserta didik kelas VIIIA-1 SMP Negeri 1 Rantepao meningkat dari 62,25% menjadi 87,5% melalui model pembelajaran inkuri terbimbing (2) motivasi belajar IPA Biologi peserta didik kelas VIIIA-1 SMP Negeri 1 Rantepao meningkat dari 85,71% menjadi 87,06% melalui model pembelajaran inkuri terbimbing (3) . Hasil belajar IPA Biologi peserta didik kelas VIIIA-1 SMP Negeri 1 Rantepao meningkat dari 59,37% menjadi 87,5% melalui model pembelajaran inkuri terbimbing.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...