Artikel ini dilatar belakangi oleh antusiasme siswa dalam pembelajaran bahasa inggris di masa pandemic yang kurang terlihat, sehingga perlu dilakukan pembaharuan dalam proses pembelajaran baik itu secara daring maupun luring. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengaruh penggunaan media game terhadap antusiasme peserta didik MTs N 1 Kab. Gorontalo pada pembelajaran daring dan luring. Model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah Problem Based Learning. Pengamatan dilakukan selama pelaksanaan praktek pembelajaran di program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan 2021. Pengamatan dilaksanakan selama 3 siklus Praktek pembelajaran Lapangan di MTs Negeri 1 Kab. Gorontalo melalui pertemuan virtual melalui aplikasi Zoom dan pertemuan tatap muka. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa ada perbedaan yang cukup signifikan terhadap antusiasme siswa dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media game secara daring maupun luring. Pada pembelajaran secara daring, terlihat antusiame peserta didik cukup baik dan pada pembelajaran secara Luring, peserta didik terlihat sangat antusias dalam proes pembelajaran.
Copyrights © 2021