Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan keterampilan menulis Bahasa Inggris peserta didik kelas XII MA Bina Cendekia Tampo. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII MA Bina Cendekia Tampo pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 15 orang. Model dalam penelitian ini menggunakan model penelitian Kurt Lewin yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan penilaian tes tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menulis. Hal ini dapat dilihat dari hasil project yang telah dibuat oleh peserta didik secara berkelompok. Peningkatan keterampilan menulis Bahasa Inggris peserta didik dipengaruhi oleh beberapa faktor: materi, pendekatan guru, media, strategi, kegiatan di kelas dan pengelolaan kelas
Copyrights © 2021