Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 3 No. 3 (2021): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Peserta Didik Kelas XII MA Bina Cendekia Tampo Sulawesi Tenggara

Utami, Wa Ode Dinda Ayu Putriana (Unknown)
Amin, Fatimah Hidahyani (Unknown)
Nawir, HJ Nurdiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan keterampilan menulis Bahasa Inggris peserta didik kelas XII MA Bina Cendekia Tampo. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII MA Bina Cendekia Tampo pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 15 orang. Model dalam penelitian ini menggunakan model penelitian Kurt Lewin yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan penilaian tes tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menulis. Hal ini dapat dilihat dari hasil project yang telah dibuat oleh peserta didik secara berkelompok. Peningkatan keterampilan menulis Bahasa Inggris peserta didik dipengaruhi oleh beberapa faktor: materi, pendekatan guru, media, strategi, kegiatan di kelas dan pengelolaan kelas

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...