Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Peningkatan Motivasi Belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning SMK Negeri 1 Pangkep Sulawesi Selatan

Rajma, Sitti (Unknown)
Saleh, Sirajuddin (Unknown)
Yusna, Sufriadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2022

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan OTKP di SMK Negeri 1 Pangkep. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan pada siswa kelas XI OTKP 2 menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di SMK Negeri 1 Pangkep tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian tindakan kelas ini, terdiri dari tiga siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian memperlihatkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa yang tercemin dari aktivitas siswa mulai dari Siklus 1 dengan persentase keaktifan siswa 65,1%. Siklus II mencapai 85,9%, dan Siklus III mencapai 92,2%. Hasil motivasi belajar dapat juga dilihat dari hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan. Pada siklus I, persentase ketuntasan siswa mencapai 75%. Pada siklus II mencapai 87,5 %. Sedangkan pada siklus III mencapai 93,7 %. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...