Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kearsipan Siswa Kelas X OTKP di SMK Muhammadiyah 3 Makassar Sulawesi Selatan

Shaleh, St. Rahmiyah (Unknown)
Darwis, Muhammad (Unknown)
Rifai , Andi Anna (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2022

Abstract

Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kearsipan Siswa Kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 3 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan 1 kali pertemuan setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri atas beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Siklus pertama, kedua, dan ketiga. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X OTKP di SMK Muhammadiyah 3 Makassar, yang terdiri atas 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Alat pengumpulan data menggunakan instrument berupa lembar pengamatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran demonstrasi, dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X OTKP, hal ini terlihat pada siklus 1 proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih kategori cukup, aktivitas belajar dan rata-rata hasil belajar siswa berada pada kategori cukup. Pada siklus kedua sudah mengalami peningkatan yakni proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru menjadi kategori baik, motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan menjadi kategori baik. Sedangkan pada siklus ketiga proses pembelajaran guru menjadi lebih baik baik lagi, aktivitas dan rata-rata hasil belajar siswa menjadi amat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan motivasi belajar kearsipan pada siswa kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 3 Makassar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...