Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 3 No. 2 (2021): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris di SMP Nurul Iman Kota Tasikmalaya Jawa Barat

Hopiyana, Nida (Unknown)
Ariyani, Amra (Unknown)
Asma, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan. ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar bahasa inggris siswa SMP Nurul Iman Kota Tasikmalaya. Kegiatan PPL ini dilaksanakan mulai tanggal 01 Juli 2021 sampai dengan tanggal 16 Agustus 2021 dan dilaksnakan dalam 3 siklus. Bertempat di SMP Nurul Iman Kota Tasikmalaya. Kegiatan praktek pengalaman lapangan (PPL) siklus I dilaksanakan Senin,5 Juli 2021 jam 07.00-08.20 WIB pada kelas VII dengan jumlah peserta didik 10 orang terdiri dari 2 laki-laki dan 8 perempuan.. Kegiatan Praktek Pembelajaran Siklus 2 dilaksanakan Sabtu, 17 Juli 2021 jam 09.40 – 11.00 WIB pada kelas VIII dengan jumlah peserta 17 orang terdiri dari 6 laki-laki dan 11 perempuan. Kemudian siklus ke 3 dilaksanakan Selasa, 03 Agustus 2021 pada kelas IX dengan jumlah peserta didik 10 siswa 4 laki-laki dan 6 perempuan jam 09.40 – 11.00 WIB. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi. Teknik yang digunakan teknit observasi dan teknik tes. Intrumen penilaian menggunakan lembar tes dan lembar observasi. Siklus 1 nilai peserta didik rata-rata 79-80 bisa dibandingkan secara signifikan disiklus 2 dengan pengingkatan nilai rata-rata 83-85. Begitupun dengan siklus 3 yang menunjukan nilai peningkatan sebesar 84- 89. Dari hasil kegiatan praktek pengalaman lapangan, secara umum dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris siswa SMP Nurul Iman setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning (PBL).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...