Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 3 No. 2 (2021): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Drill pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran Pada Kelas X OTKP di SMKS Amaliyah Sekadau Kalimantan Barat

Maulana, Ilham (Unknown)
Darwis, Muhammad (Unknown)
Rifai , Andi Anna (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil belajar Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode pembelajaran drill dalam meningkatkan hasil belajar Teknologi Perkantoran pada siswa kelas X OTKP di SMKS Amaliyah Sekadau. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan Saintifik dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran drill pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa pada kelas X OTKP SMKS Amaliyah Sekadau berjumlah 18 orang, pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Observasi dasar dilakukan kepada seluruh peserta didik kelas X OTKP SMKS Amaliyah Sekadau Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 18 peserta didik. Observasi dasar dilaksanakan dalam kondisi siswa mengikuti pelajaran Teknologi Perkantoran di dalam kelas. Waktu observasi dilaksanakan selama 2 kali pertemuan. Setiap pertemuan dilaksanakan selama 3 jam pelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan Metode Driil dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran di kelas X OTKP SMKS Amaliyah Sekadau Tahun Pelajaran 2021/2022. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan, baik dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian ini adalah pada siklus I, motivasi dan hasil belajar peserta didik yang tercemin dari aktivitas siswa sudah cukup baik. Hal ini terlihat dari data yang ada dengan jumlah siswa 18 orang terdapat 13 orang siswa yang aktif dalam pembelajaran. Sedangkan terdapat 5 orang siswa yang tidak aktif dalam pembelajaran dengan persentase keaktifan siswa mencapai 70 % siswa yang aktif. Siklus II 15 orang siswa aktif dan 3 orang siswa yang tidak aktif dengan persentase keaktifan siswa pada pembelajaran siklus II mencapai 80 %. Sedangkan pada Siklus III 16 orang siswa aktif dan 2 orang siswa yang tidak aktif dengan persentase keaktifan siswa pada pembelajaran siklus III mencapai 90 %

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...