Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 3 No. 2 (2021): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Menggunakan Model Picture and Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur pada Peserta Didik Kelas VIII A MTSN I Maros Sulawesi Selatan

Muhlis, Muhlis (Unknown)
Amin, Fatimah Hidahyani (Unknown)
Nawir, HJ Nurdiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan menggunakan model picture and picture dalam pembelajaran menulis teks prosedur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa kelas VIII A MTs N 1 Maros tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis siswa meningkat dengan menggunakan model picture and picture pada siklus 1. Terdapat 8 atau 28,57% siswa yang nilainya di bawah KKM atau dalam kategori rendah. Ada 12 atau 50% siswa dalam kategori kelompok sedang, sedangkan ada 5 atau 21,43% siswa dalam kategori kelompok atas, yaitu mendapatkan 85 ke atas. Pada siklus 2 kemampuan siswa meningkat hingga hanya ada 4 siswa yang nilainya kurang dari KKM atau 14,29%, 15 siswa atau 57,14% mendapat rentang skor 73-80, dan sebanyak 7 siswa atau 28,7% termasuk dalam kategori kelompok di atas karena mendapat skor 80-100. Peningkatan keberhasilan belajar juga dapat ditunjukkan dengan meningkatnya aktivitas siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model picture and picture dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...