Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan menggunakan model picture and picture dalam pembelajaran menulis teks prosedur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa kelas VIII A MTs N 1 Maros tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis siswa meningkat dengan menggunakan model picture and picture pada siklus 1. Terdapat 8 atau 28,57% siswa yang nilainya di bawah KKM atau dalam kategori rendah. Ada 12 atau 50% siswa dalam kategori kelompok sedang, sedangkan ada 5 atau 21,43% siswa dalam kategori kelompok atas, yaitu mendapatkan 85 ke atas. Pada siklus 2 kemampuan siswa meningkat hingga hanya ada 4 siswa yang nilainya kurang dari KKM atau 14,29%, 15 siswa atau 57,14% mendapat rentang skor 73-80, dan sebanyak 7 siswa atau 28,7% termasuk dalam kategori kelompok di atas karena mendapat skor 80-100. Peningkatan keberhasilan belajar juga dapat ditunjukkan dengan meningkatnya aktivitas siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model picture and picture dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa
Copyrights © 2021