Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 2 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Permainan Bola Warna di TK Plus Al Kautsar Nata Endah Kab. Bandung Jawa Barat

Nurvianti, Nurvianti (Unknown)
Parwoto, Parwoto (Unknown)
Suriani, Suriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Perkembangan kemampuan mengenal warna pada anak kelompok A TK Plus Al Kautsar masih rendah.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan kemampuaan anak dalam mengenal warna. Peneliti menggunakan permainan bola sebagai metode yang dapat memotivasi anak-anak dalam mengenal warna lebih menarik minat anak. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan secara praktek langsung dengan subjek penelitian berjumlah 10 peserta didik yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 3 anak laki-laki. Dari hasil penelitian disetiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan perkembangan mengenal warna dari siklus I yang ada pada umumnya masih terlihat rendah dan belum mencapai kriteria ketuntasan minimal, sehingga penelitian ini perlu dilanjutkan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus II kemampuan mengenal warna pada anak kelompok A melalui permainan bola warna di TK Plus Al Kautsar Nata Endah Kab. Bandung menjadi lebih meningkat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...