Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan pemanfaatan benda-benda di sekitar pada TK Al Falah Wakka Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dan kuantitatif, subjek penelitian adalah anak didik kelompok B TK TK Al Falah Wakka Kabupaten Pinrang pada semester II 2020/2021 sebanyak 11 anak. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan kemampuan motorik halus anak di TK Al Falah Wakka Kabupaten Pinrang rendah. Penelitian dilaksanakan selama dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Hasila analisis data menunjukkan kemampuan motorik halus anak sebesar 83,54 % pada siklus I dan 90, 25 % pada siklus II. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kegiatan pemanfaatan benda-benda di sekitar dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak.
Copyrights © 2021