Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 3 No. 1 (2021): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Pemanfaatan Benda-Benda di Sekitar Pada Kelompok B TK Al Falah Wakka Kab. Pinrang Sulawesi Selatan

Hafid, Wahida Ali (Unknown)
Bastiana, Bastiana (Unknown)
Ramlah, Ramlah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan pemanfaatan benda-benda di sekitar pada TK Al Falah Wakka Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dan kuantitatif, subjek penelitian adalah anak didik kelompok B TK TK Al Falah Wakka Kabupaten Pinrang pada semester II 2020/2021 sebanyak 11 anak. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan kemampuan motorik halus anak di TK Al Falah Wakka Kabupaten Pinrang rendah. Penelitian dilaksanakan selama dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Hasila analisis data menunjukkan kemampuan motorik halus anak sebesar 83,54 % pada siklus I dan 90, 25 % pada siklus II. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kegiatan pemanfaatan benda-benda di sekitar dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...