Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 3 No. 1 (2021): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Permainan Meniru Huruf dari Media Bahan Alam di TK Negeri Pembina Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan

Nurhayati, Nurhayati (Unknown)
Bastiana, Bastiana (Unknown)
Jenny, Jenny (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak sebagai daya mempersiapkan segala sesuatu yang dapat dilihat, di dengar dan di rasakan oleh anak usia dini, sehingga mempunyai permahaman secara komprehensif. Kemudian penggunaan media bahan alam merupakan alternative dalam meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak di TK. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas media bahan alam dalam meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian . Subjek penelitian ini anak TK Negeri Pembina . Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi.Berdasarkan perolehan hasil analisis data ini pada efektivitas penggunaan media bahan alam dalam meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak TK Siklus I dan Siklus II menunjukkan peningkatan dalam aspek bahasa.Dapat di simpulkan bahwa adanya efektifitas penggunaan media bahan alam untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak di TK Negeri Pembina.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...