Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 3 No. 1 (2021): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Meronce Manik-Manik Di TK Muslim Terpadu Dinado Kudus Jawa Tengah

Rukayah, Siti (Unknown)
Musi, Muhammad Akil (Unknown)
Rahmatiah, Rahmatiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan meronce menggunakan manik-manik pada anak kelompok B TK Muslim Terpadu Dinado Kudus. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak kelompok B yang masih rendah perkembangan motorik khususnya pada keterampilan motorik halus anak serta kegiatan pembelajaran hanya sebatas pada Lembar Kerja Anak. Penelitian tindakan kelas (PTK) dalam 2 siklus dengan tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan, tindakan pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 15 anak. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil setelah dilakukan penelitian tindakan kelas terdapat peningkatan motorik halus pada prasiklus mencapai 20%, siklus I mencapai 77%, siklus II 98% anak memperoleh kriteria baik. Hasil penelitian sudah melebihi indikator keberhasilan 90%, dan oleh karenanya penelitian sudah dianggap berhasil. Dengan demikian, kegiatan meronce dengan manik-manik dapat meningkatkan keterampilan motorik halus kelompok B TK Muslim Terpadu Dinado Kudus.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...